Translator

Senin, 24 Januari 2011

Cara Memberi Penghargaan pada Anak

Bagaimana Cara Memberikan Penghargaan (reward) atau apresiasi pada anak. Seri tulisan pendidikan Islam untuk anak muslim.

Anak adalah buah hati. Dambaan siapapun yang sedang mengarungi mahligai rumah tangga. Keberadaannya menciptakan nuansa baru kebahagiaan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Tidak ada satupun orang tua yang tidak menyayangi kehadirannya. Tak heran, mereka ingin selalu menyirami anaknya dengan limpahan kasih sayang yang sebesar-besarnya. Limpahan kasih sayang itu dapat berupa apa saja. Dari pujian, sampai berbagai macam hadiah.

Dalam situasi seperti ini, orang tua harus tetap bermawas diri dan terkontrol. Niat baik membahagiakan anak akan dapat berubah menjadi bencana—sekarang atau nanti—apabila ekpresi kasih sayang itu mencapai level yang dapat dianggap berlebihan dan tidak mendidik sehingga merusak mental anak.

Penghargaan, pujian dan ekspresi kasih sayang apapun hendaknya bertumpu pada satu tujuan: untuk membuat anak termotivasi berperilaku lebih baik. Untuk itu penghargaan hendaknya diberikan setelah anak melakukan sesuatu yang baik. Sehingga anak mencapai suatu pemikiran bahwa untuk mencapai segala sesuatu tidak ada yang gratis. Harus selalu diusahakan.

Dr. Bob Myers membagi bentuk tipe penghargaan dalam tiga kategori usia. Yaitu prasekolah, sekolah SD,  SLTP dan SLTA (masa remaja).

Perhatian: bentuk penghargaan di bawah hanya sekedar contoh. Orang tua yang paling tahu penghargaan apa yang terbaik, mendidik dan sekaligus menyenangkan anak.

Iipe UsiaBentuk Penghargaan
PrasekolahMembeli buku cerita bergambarTambah nonton tv (biasanya sejam, menjadi dua jam)Jalan-jalan ke taman bersama orang tua
Nonton CD/DVD anak (menyewa, membeli, atau yang sudah ada)Menggambar atau mewarnai dengan krayonMain komputer atau game (waktunya
Bernyanyi lagu anak (yang islami atau umum)Piknik sekeluarga ke suatu tempat yang disukai anakOrang tua membacakan cerita menjelang tidur
Usia SDBeli buku bacaanJalan-jalan ke taman atau tempat wisataMakan-makan di luar bersama keluarga
Bebas dari tugas rumahBoleh pilih acara TV sendiriNonton CD/DVD pilihan
BerkebunNonton pertandingan olahraga yang disukaiMain game
Usia Remaja (SLTP/SLTA)Beli buku bacaan yang sesuai usianyaTeman boleh datangBoleh tidur agak larut
Boleh mendekorasi kamar sendiriBoleh jalan-jalan sendirian (untuk anak laki-laki)Ikut kegiatan bersama teman
Boleh nyetir motor / mobil sehariDibebaskan sehari dari tugas rumahMemilih menu makanan


Walaupun penghargaan dan pujian pada anak itu baik untuk membentuk perilaku disiplin namun bukan tanpa masalah. Penghargaan bukan hanya satu-satunya cara untuk membentuk perilaku positif anak. Karena pujian adalah motivator eksternal. Sedang tujuan utama dari penghargaan itu adalah motivasi dari dalam yakni self-discipline (disiplin diri sendiri).

Hasil terbaik dari sebuah penghargaan adalah apabila ia dapat membantu anak untuk menyadari kapan dan bagaimana ia dapat menghargai dirinya sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALKULATOR ZAKAT