Translator

Senin, 14 Februari 2011

PROPOSAL PEMBANGUNAN MUSHOLLA

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan dunia yang telah memasuki era globalisasi dalam berbagai hal, maka mau tidak mau, suka ataupun tidak suka, maka generasi penerus kita teramat sangat rentan menerima dan mengalami berbagai perubahan dalam hidup dan kehidupan, yang meliputi sisi positif maupun yang negatif.


Warga muslim Komplek Perumahan Garden Dian Regency, menyadari sepenuhnya akan arti pentingnya pendidikan agama di komplek perumahan. Oleh karenanya perlu diadakan pembangunan sentra pendidikan agama di lingkup komplek yang bisa mengakomodasikan hal tersebut.

Dengan penanaman pendidikan agama, maka diharapkan dapat mencetak generasi  penerus untuk membangun masyarakat yang  berbasis keimanan &  ketakwaan  kepada Allah SWT.

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian warga Komplek Perumahan Garden Dian Regency, dibawah naungan Desa Tropodo dan Desa Tambaksawah Kecamatan Waru – Kabupaten Sidoarjo, maka dibentuklah panitia pembangunan musholla dalam rangka pembinaan, pendidikan dan peningkatan keimanan serta ketaqwaan kepada Alloh SWT bagi warga di lingkup Komplek Perumahan Garden Dian Regency khususnya serta masyarakat sekitar pada umumnya.

Kami, Warga muslim Perumahan Garden Dian Regency, Berkeinginan memiliki pusat kegiatan da'wah Islam yang memadai dan layak untuk melayani masyarakat Islam yang membutuhkannya. Berdasarkan keinginan tersebut, akhirnya terbentuk Panitia Pembangunan Musholla Garden Dian Regency melalui Musyawarah warga Muslim.

Saat ini kami terus berupaya mengembangkan kegiatan pendidikan dan da'wah. Alhamdulillah kegiatan tersebut mulai berjalan dengan baik dan teratur, melalui Majelis Ta’lim untuk Ibu-Ibu untuk sementara waktu bergiliran dari rumah kerumah rumah warga, sedangkan kegiatan Remaja Masjid dan Bapak – bapak masih berupa wacana dikarenakan musholla sebagai tempat berkumpul dan berkegiatan belum siap konstruksi bangunannya.

Kegiatan Ibadah, Pendidikan dan Da'wah akan menjadi lebih sempurna jika pembangunan Musholla tersebut dapat terealisasi.

Bilamana anda berniat untuk menyisihkan sebagian rezeki anda untuk berpartisipasi atau beramal dalam pembangunan musholla ini, silahkan anda baca selengkapnya proposal pembangunan Musholla yang beralamat di Komplek Perumahan Garden Dian Regency.

1.  PENDAHULUAN

Manusia diciptakan Alloh SWT agar menjadi umat yang taat dan ber-amal ibadah kepada-Nya.
Salah satu cara untuk taat dan terus menerus menyembah Allah SWT tanpa kesyirikan adalah melakukan ibadah secara ikhlas. Ibadah dapat menjadi tolok ukur dan penilaian kualitas seseorang untuk mendapat predikat muslim. Sesuai dengan janji Allah SWT bahwa setiap muslim yang taat dan selalu beribadah akan ditempatkan dalam surga di akherat kelak.

Untuk menjalankan amalan ibadah tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan sarananya berupa pembangunan masjid atau musholla. Musholla merupakan sarana ibadah yang cukup efektif karena ditempat suci inilah umat Islam dapat menjalankan ibadah secara berjamaah. Musholla juga berfungsi sebagai sarana untuk mempererat ukuwah islamiyah dan menjadi sarana pergaulan sosial antar umat muslim. Mengingat pentingnya fungsi musholla, maka pembangunan dan keberadaannya sangat dibutuhkan bagi setiap warga muslim. Adanya sarana ibadah dapat menjadi tanda bahwa kehidupan beragama di pemukiman tertentu adalah sehat dan berdenyut.

Keberadaan musholla sangat dinantikan oleh keluarga muslim di Komplek Perumahan Garden Dian Regency. Dalam jangka pendek, pembangunan musholla diharapkan dapat menjadi sarana bersama bagi seluruh warga muslim untuk melakukan ibadah terutama sholat secara berjamaah.

Dalam jangka menengah, keberadaannya dapat menjadi sarana untuk menjalankan ibadah-ibadah yang lain, misalnya untuk pengajian keluarga muslim dan pengembangan Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Dalam jangka panjang, keberadaan musholla akan dikembangkan menjadi masjid besar dengan berbagai sarana pelengkap yang memadai sebagai penunjangnya, yang diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif dalam menjaga keharmonisan kehidupan beragama antar warga muslim di Komplek Perumahan Garden Dian Regency dan sekitarnya.

Musholla direncanakan didirikan di atas tanah / lahan yang disediakan oleh PT.Diparanu Rucitra sebagai pengembang perumahan Garden Dian Regency yang berfungsi sebagai fasilitas umum dan sosial seluas + 1.000 M2. Warga muslim berharap agar sarana tersebut dapat berdiri dengan harapan agar ibadah
dapat dilakukan bersama-sama terutama saat bulan Ramadhan. Konsekuensi dari harapan tersebut harus didukung oleh kemampuan finansial agar bangunan musholla dapat terwujud dengan lancar.

Semoga niat luhur dan mulia dari warga muslim ber-amal untuk pembangunan musholla dapat bernilai ibadah. Keinginan ini sekaligus untuk menciptakan suasana kehidupan beragama Islam yang harmonis khususnya di Komplek Perumahan Garden Dian Regency baru dan berkembang cukup cepat.

2. TUJUAN
·         Sebagai tempat untuk melakukan ibadah terutama sholat berjamaah secara rutin agar kualitas sholat dapat terjaga dan meningkat.
·         Sarana untuk pencerahan dan pendidikan Agama Islam secara nonformal, misalnya pengajian keluarga muslim, dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) bagi generasi muslim Komplek Perumahan Garden Dian Regency dan sekitarnya.
·         Sarana efektif untuk mempererat tali silaturahmi khususnya antar warga muslim dan warga lainnya.

3. SASARAN
·         Seluruh warga muslim di Komplek Perumahan Garden Dian Regency dan sekitarnya.
·         Generasi anak Islam dan generasi muda Islam Komplek Perumahan Garden Dian Regency dan sekitarnya.

4. NAMA MUSHOLLA DAN LOKASI
·         Nama Musholla
Berdasarkan masukan dari warga dan hasil musyawarah serta bimbingan dari sejumlah Ustadz, untuk nama Musholla di Komplek Perumahan Garden Dian Regency ditetapkan AL-MUTTAQIN.

·         Lokasi Musholla
Musholla dibangun dengan ukuran 12 x 14 M2 di lahan fasum / fasos Komplek Perumahan Garden Dian Regency tepatnya di Depan Club House sesuai  dengan ijin yang diperoleh baik itu dari Pihak Pengembang (PT.Diparanu Rucitra) maupun dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

5.  STRUKTUR PANITIA PEMBANGUNAN MUSHOLLA
Terlampir
6.  RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN MUSHOLLA
Pembangunan Musholla di Komplek Perumahan Garden Dian Regency membutuhkan biaya total sebesar Rp. 489.353.000,00 (Empat ratus delapan puluh sembilan juta tiga ratus lima puluh tiga ribu rupiah).
Rincian Biaya Pembangunan terlampir.

7.  SUMBER DANA
Sumber dana berasal dari swadaya Warga Perumahan Garden Dian Regency dan Hamba Allah diluar perumahan yang ingin menyisihkan sebagian hartanya.

Infaq, shodaqoh, dan amal jariyyah untuk pembangunan Musholla dapat disalurkan melalui rekening:

Nama Bank             : BANK MANDIRI SYARIAH
No Rekening                    : 1.260.034.001
Atas Nama              : EKO HERRY PRIJANTORO

Nama Bank             : BANK CENTRAL ASIA
No Rekening                    : 6.670.252.220
Atas Nama              : MUKTI WIBOWO

Bagi pihak yang ingin beramal dalam bentuk lain dapat menghubungi panitia. Atau bisa datang langsung ke lokasi pembangunan yaitu Fasum / fasos depan Club House Perumahan Garden Dian regency.

8.  VISI DAN MISI

Visi           :
·         Mewujudkan Musholla sebagai Pusat peningkatan keimanan dan nilai-nilai Islami serta Pencerahan Intelektual bagi umat Islam.

Misi           :
·         Meningkatkan kualitas umat secara terpadu baik dalam hubungannya di masyarakat maupun dengan Allah SWT.
·         Wahana pemberdayaan sumber daya umat yang berahlak karim dan.

9.  PENUTUP
Demikian proposal pembangunan Musholla ini disampaikan dengan harapan semoga terwujudnya Musholla dapat menjadi sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Alloh SWT bagi umat Islam, khususnya bagi warga muslim Komplek Perumahan Garden Dian Regency dan masyarakat sekitarnya. Peran dan partisipasi dari semua pihak sangat di harapkan agar rencana dan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar. Akhirnya, semoga amal ibadah kita dapat diterima Alloh SWT. Amien.

Dengan mengharapkan Karunia dan Rahmat ALLAH SWT., serta bertawasul kepada sang Nabi Penutup, Rasulullah SAW., beserta ahli baitnya As., Kami mengetuk hati para Dermawan Muslimin dan Muslimat, untuk turut membantu meringankan beban Pembiayaan Pembangunan Musholla tersebut.

Semoga kemurahan hati para Dermawan mendapat balasan Pahala yang berlipat dari ALLAH SWT., Amin Yaa Robbal ' Alamin

Terima kasih Jazakumullahu khairon katsiro.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Sidoarjo, 28 Nopember 2010
Sekretaris,                                                                Ketua,





Rudi B.K                                                                   H.M. Wibowo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALKULATOR ZAKAT